Pages

Suntik Botox Tak Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan

Berikut ini artikel tentang Penelitian: Suntik Botox Tak Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan

Penelitian: Suntik Botox Tak Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan


Ada yang mengatakan suntik botox tidak hanya bisa menghilangkan kerutan di wajah, tapi juga membantu menurunkan berat badan. Namun peneliti justru tidak mendapatkan hasil tersebut.

Peneliti dari Mayo Clinic telah menunjukkan bahwa suntikan botulinum toxin A (BTA) atau dikenal dengan Botox ke dalam perut tidak membantu mengurangi berat badan yang berlebih.

Dalam studi ini melibatkan 60 orang yang mengalami obesitas dan dilakukan selama 24 minggu. Peneliti membandingkan efek dari botox dan juga plasebo dengan melakukannya secara acak dan menggunakan kelompok kontrol.

Peneliti mendapatkan suntikan botox tersebut memperlambat pergerakan makanan saat melalui perut dan lambung, tapi tidak menyebabkan terjadinya penurunan berat badan.

"Hasil dasar yang kami dapatkan, saya tidak merekomendasikan suntikan botox di perut pada orang yang ingin menurunkan berat badan," ujar ketua studi Dr Mark Topazian, seperti dikutip dari Medindia.

Dr Topazian menuturkan ada beberapa risiko yang berkaitan dengan metode ini dan peneliti melihat tidak ada keuntungan yang bisa didapat dalam hal mengurangi berat badan berlebih.

Dalam studi sebelumnya mengindikasikan suntikan botox bisa menjadi salah satu cara yang menjanjikan untuk menurunkan berat badan. Tapi studi ini membatalkan temuan tersebut.

Peneliti dari Mayo Clinic melibatkan skala lebih besar, menggunakan USG untuk memastikan suntikan ditempatkan pada lokasi yang tepat dan dokter tahu mana yang mendapatkan botox dan mana yang hanya plasebo.

"Kecuali pada studi di masa depan menunjukkan hasil yang berbeda. Untuk saat ini saya menyarankan pasien mencari cara lain untuk mencapai berat badan yang diinginkan," ujar Dr Topazian dari Departemen Gastroenterologi dan Hepatologi di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota.

Hasil studi ini dilaporkan pada Januari 2013 dalam Clinical Gastroenterology and Hepatology yang merupakan jurnal resmi dari American Gastroenterological Association.

Mudah-mudahan Penelitian: Suntik Botox Tak Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan di atas mudah difahami serta bermanfaat bagi Anda :)


BACA JUGA: MENEBAR INFO
---
SUMBER: http://www.facebook.com/MemBerku/posts/512478372128232

No comments:

Post a Comment